Etika dan tata cara penulisan blog yg benar

Senin, 17 Maret 2014

Etika dan tata cara penulisan blog yg benar


Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.[rujukan?] Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.[rujukan?]St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).

Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata yaitu etika (bahasa Yunani: ethos) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute) merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas.

Sudah banyak tulisan di dunia maya yang mengangkat tema bagaimana menulis artikel yang baik, yang populer dan bahkan meraih halaman pertama search engine seperti google. Dan kalau saya perhatikan ada yang dengan cara elegan bersaing bersih maupun dengan cara kampungan dan tidak terpelajar dengan membuat artikel asal-asalan dan melanggar etika susila. Sebagai blogger pemula, saya coba beranikan diri untuk mengulas tips bagaimana menulis artikel yang baik dan sistematis sehingga blog atau website kita menjadi populer dan meraih halaman pertama google, yahoo, bing maupun search engine lainnya, mengingat beberapa tulisan saya masuk dalam halaman pertama search engine. Tulisan ini masuk sebagai rangkaian tutorial untuk meraih predikat blog terbaik.

Dalam menulis di blog, tentu harus ada etika dan tata cara yang harus diperhatikan agar tidak terjadi permasalahan seperti kasus-kasus yang telah disebutkan di atas. Berikut ini adalah beberapa tata cara dan etika yang harus diperhatikan:

1. Biasakan mencantumkan sumber tulisan yang diambil pada tulisan anda
Pada dasarnya hal ini adalah suatu kesadaran moral sesorang untuk mencamtukan dasar dari sumber penulisan yang dibuat, karena jika tidak mencantumkan sumber maka sama saja disebut dengan plagiatisme. Suatu tulisan yang terdapat sumber berasal maka menandakan bahwa tulisan yang dibuat dapat dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan para pembaca.

2. Menggunakan Inisial beserta bukti otentik
Pada saat penulisan suatu kasus yang belum pasti kebenarannya, sebaiknya nama orang yang terkait dengan kasus tersebut diinisialkan. Dan saat menuliskan suatu kasus dalam suatu internet jangan lupa menyertakan bukti-bukti yang otentik seperti foto, link tulisan sumber atau berkas pendukung lainnya.

3. Penentuan Kata Kunci (keyword) yang tepat sesuai tujuan tulisan
Sering kali orang menetukan kata kunci dari penulisannya tidak sesuai dengan tujuan penulisan itu dibuat, ini dilakukan biasanya hanya untuk meningkatkan rating blog reader agar blog tersebut lebih populer. Hal ini akan mengganggu atau bahkan membuang-buang waktun pembaca saja yang mungkin sedang mencari bahan tulisan sesuai kata kunci yang dicari. Maka dari itu buatlah kata kunci yang sesuai dengan tulisan yang anda buat.

4. Tata cara menulis dengan baik, sopan dan sesuai dengan EYD.
Ini etika yang sangat penting dalam penulisan di suatu media internet, tata cara bahasa yang mengikuti EYD akan membuat tulisan kita akan dinilai baik dan jelas. Kesopanan juga hal sangat penting dalam melakukan penulisan jangan sampai tulisan yang kita buat akan mendatangkan masalah untuk diri kita sendiri.

5. Menulis secara faktual (Sesuai dengan fakta yang ada)
Jika ingin menuliskan sesuatu dalam media internet pastikan bahwa kebenaranya sudah dipastikan atau sesuatu yang sudah menjadi fakta bukan berupa suatu isu yang penyebarannya dari mulut ke mulut.

6. Tulisan berisi kondisi yang sebenarnya (apa adanya)
Dalam penulisan di internet sudah seharusnya menulis sesuai dengan apa yang terjadi, tidak boleh melebih-lebihkan suatu tulisan yang dapat merugikan bahkan menyakiti sesorang. Penulis juga harus mengusahakan untuk tidak berbohong agar kepercayaan para pembaca tidak menurun.

7. Baca kebijakan Blog Provider secara saksama
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya sebelum membuat suatu tulisan dalam blog terlebih dahulu membaca kebijakan privasi blog provider secara seksama dan hati-hati karena kebijakan privasi tersebut berisi peraturan yang harus ditaati oleh pengguna atau user.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam menulis di internet khususnya di blog. Oleh karena itu, jadilah penulis yang memperhatikan etika dalam menulis agar tidak merugikan orang lain. Beberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat menulis di blog:

Tulisan yang mengandung SARA yang bertujuan untuk menghasut kelompok tertentu
Konten-konten yang mengandung pornografi baik yang bergerak ataupun tidak
Tulisan yang berisi kata-kata yang kasar dan tidak baik atau tulisan yang bersikap menteror seseorang
Vandalisme yang dilakukan sengaja dan tidak bertanggung jawab
Merubah dokumen asli tanpa seijin pemiliknya
Mendukung peradaran software crack yang dapat diunduh bebas.


0 comments :

Posting Komentar