Senin, 20 Mei 2019

NYOBA JADI DRIVER GRAB.. :D

2019.......!!!!!!!!!!!!!!!!!! taraaaaa,,... hai hai hai, udah lama banget ga mampir, udah ada 4 tahunan ga nulis dimari, semenjak lulus kuliah :D,.

okreyy, jadi hari ini saya mau share sedikit pengalaman tentang cara buat jadi mitra driver grab.. hihihi, mungkin banyak yah blog atau site yang udah cerita gimana tata caranya dan apa aja persiapannya, tapi kadang kadang ada aja sebenernya yang bukan persyaratan tapi di cantumin di postingan mereka,. okeyy gak masalah, saya cuma mau menceritakan apa aja yang say alamin, ketika nunggu panggilan sampai akhirnya saya bisa pakai nih aplikasi grab drivernya..

pertama buat untuk memulai dari awal kalian mesti daftar di web grabnya https://www.grab.com/id/en/driver/ mungkin ada yang pernah denger juga soal daftar lewat Agen KUDO, jujur... saya ngga ngerti apa itu KUDO, kalau Kuda saya tau hehehe, jadi saya tetep daftar lewat link di atas,. begitu selesai registrasi, pastiin datanya kalian isi lengkap, BIODATA, SKCK, SIM, Kartu Tabungan, pokoknya semuanya,..yang bertanda mandatory (*) wajib kalian isi, begitu selesai, kalian tunggu sms undangan dari pihak grab, waktu itu ane nunggu sekitar 2 hari, akhirnya langsung prepare.. disms itu sudah jelas apa aja yang mesti di bawa.. cuman di sini kegalauan suka terjadi, kita kita masih suka nanya apa aja yang mesti di bawa .. disini saya rincikan yahh... yang mesti dibawa saat test driver itu : 

  1. KTP (wajib)
  2. KK (wajib)
  3. SIM C (wajib)
  4. STNK (wajib)
  5. SKCK (wajib)
  6. Buku Tabungan (wajib)
  7. SURAT DOMISILI RT (jika kalian dari luar JABODETABEK, BANTEN sampai KARAWANG (wajib))
  8. SURAT KETERANGAN SEHAT (jika umur lebih dari 56 tahun (wajib))
  9. UANG 200Ribu (wajib)
  10. Smartphone yang ada kuotanya (wajib, atau bisa numpang hotspotan sama temennya)
  11. Headset (opsional jika kuping ente peka sama video yang di puter di handphone di tengah lapak luas)
  12. Teman (opsional, ini buat boncengan.. pas mau test drive nanti pasti di stop disuruh cari orang buat seolah olah jadi penumpang, ane waktu itu gantian sama yang test drive juga)
  13. SARUNG TANGAN(ini ane ragu karna pas test drive semua pada pake, tapi ga ada pemeriksaan, jadi bawa aja yah gan)
  14. PULPEN(biar ga minjem minjem..)
  15. MOTOR dalam keadaan OKE (wajib, perhatiin spion, lampu sein, lampu depan belakang, klakson)
okreyy perhatiin, semuanya WAJIB ASLI, ga boleh potocopyan, ga boleh di foto.. mending siapin yang ASLI dari pada nanti di ribetin disana, percaya deh, biar prosesnya ga lama.. soalnya kalian bakal 1 harian disana, dan perhatiin, disana nanti pas pintu masuk suka ada yang nawarin SARUNG TANGAN, HEDSET, PULPEN, MATERAI, sama MAP... percaya dehh.. MATERAI dan MAP GA USAH DI BELI... wkwkwkwk, soalnya ga bakalan kepake, ga bakalan di minta, ga bakalan di tanya... kemarin ane dengan pedenya beli MAP ternyata ngga ada gunanya gan wkwkwk, mungkin biar rapih aja kali yah, tapi masa ga bisa sih kita merapihkan diri kalau ga ada MAP??? hihihi
oke lanjut,

Sesi 1, kalian disuruh baris buat dengerin instruksi trus disitu kita bakal di minta buat verifikasi data kita sama yang data di pendaftaran lewat WEB atau KUDO sama atau ngga, kalau ngga sama kalian bakal disuruh nyamain lagi tuh datanya makanya sediain PULPEN, makanya jangan di beda bedain.. setelah lolos disitu,

Sesi 2, kalian bakalan test drive.. disini kalian boleh kenakan sarung tangan, dan disini pemeriksaan kendaraan, pastiin lagi kendaraan anda oke gan dan jangan lupa ajak orang buat jadi penumpang agan, testnya waktu ane itu jalan LURUS > BERHENTI > JEMBATAN > LINGKARAN > ZIG ZAG > ANGKA 8, disini usahakan jangan turun kaki, kalau mau tipsnya pastiin kalian jaga jarak sama yang di depan, biar kalau yang di depan kenapa napa kalian ga ikut ikutan berhenti, begitu lolos disini

Sesi 3, kalian bakal ikutin Test Video Training, disinilah fungsi Kuota dan Headset... kalian mesti dengerin video video dari grab lalu menjawab soal soal yang ada, ga susah sih asal kalian cermatin videonya aja, dan skor kalian ga boleh di bawah 80 yahh.. begitu ini lolos 

Sesi 4, puncak dari semua sesi, kalian masuk di sesi Aktivasi Aplikasi Driver, disini kalian bakal baris lagi nunggu, habis nunggu kalian disuruh FOTO trus aktivasi Aplikasinya gan, siapin uang 200 ribu yah, soalnya nanti di tagih wkwkwk... selesai aktivasi kalian udah bisa ambil JAKET dan HELM GRAB dan taraaaa.. buat kalian yang ga cape bisa langsung OJOL, hihihi,


Oiya, sebelum Sesi 4, ada sesi dimana kalian disuruh bayar BPJS gan,, dan jujur ane ga ambil dan ga bayar tu BPJS tapi tetep bisa Aktivasi Aplikasi karna itu ga ditanyain gan, jadi mungkin BPJS itu bersifat Opsional kali yah, hehehe

waktu itu ane tes di CIBUBUR tempatnya di WILADATIKA ane sampai jam 7, disana uda rame disuruh baris sesi pertama jam 8, kelar semua dijalanin selesai jam 4,.. kalau bisa kalian langsung sigap antri di barisan awal awal biar ga lama... 

yang penting siapin diri kalian gan, jangan ngeremehin apa yang mesti disiapin, dan ini yang ane alamin semuanya gan dari pagi sampai menjelang sore, perjuangan buat mendapatkan kerjaan itu ga gampang, yang penting semua disiapin aja gan, jaga kesehatan juga bawa air minum sama bekal biar ga rugi ga perlu jajan jajan disana, terutama air minum, bawa yang banyak.. soalnya 1 harian kan yah, hehehe , 

okreyy sebegitu saja dari saya intinya buat yang mau nyoba bisa lngsung di prepare dari sekarang yah gan,,.. buat agan-agan yang mau bertanya bisa langsung berkomentar disini, pasti ane jawab sesuai yang ane alamin kemarin, oke.. terima kasih buat yang sudah membaca, see you di tulisan selanjutnya, salam damai selalu buat kita... :) :)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar