Kasus Internet

Minggu, 08 April 2012

Kasus Internet


Karyawan PLN ditipu melalui internet 

M Yamin, Padek—Kasus penipuan lewat internet, tampaknya menjadi sebuah pelajaran bagi penguna dan pengakses situs-situs yang ada di jaringan internet. Sebab, kasus penipuan tersebut hingga kini telah marak terjadi.

Berdasarkan catatan Padang Ekspres, sejak Mei hingga pertengahan Juni ini, telah tercatat sedikitnya tiga kasus penipuan melalui internet. Salah satu korbannya, yakni Firman Hadi Saputra, 27, salah seorang karyawan PLN yang tinggal di jalan Dr Sutomo RT001/RW003, Kecamatan Padang Timur.

Dia ditipu akibat ditawari satu unit Blackberry (BB) oleh pelaku. Namun, setelah uang dikirim, BB tak kunjung di tangan. Akibat kejadian itu, Firman mengalami kerugian sekitar Rp3,1 juta

Pengakuan Firman, Selasa (14/6) menyebutkan, kejadian itu berawal ketika dia mengakses situs Planet Elektronik Batam. Di situs tersebut, dia melihat iklan BB Tourch yang di jual dengan harga murah.  Karena ingin membelinya, dia langsung mencari tahu siapa pemiliknya.

”Saya langsung menawar harga BB,” ujarnya sembari menyebutkan nomor yang dia hubungi itu yaitu 08216078577.  “Kini, nomor itu sudah tidak aktif lagi,” ulasnya usai melaporkan kejadian itu ke sentral pelayanan Polresta Padang, dengan nomor laporan 980/K/IV/2011-Resta, kemarin (14/6).

Kanit I SPK Polresta Padang Ipda Agus Rusdi Sukandar yang menerima laporan korban menyebutkan, kasus ini akan di serahkan ke bagian reskrim Polresta Padang untuk ditindak lanjuti. Dia menghimbau, seluruh masyarakat khususnya penguna internet, diharapkan berhati-hati terhadap kasus penipuan dengan modus jual beli melalui internet.

”Kami hanya berharap masyarakat lebih berhati-hati lagi terhadap kasus-kasus penipuan. Apalagi, modus penipuannya melalui internet,” ujarnya. 

Komentar : mungkin ada baiknya untuk semua orang melakukan transaksi secara langsung untuk menghindari penipuan seperti tadi, karena tidak heran jika pelaku ingin memanfaatkan korban dengan media yang sangat memungkinkan, belum lagi bahwa kita masih awam di dunia transaksi online pasti akan mudah diketahui oleh pelaku dengan hanya tawaran harga yang murah kita langsung tergiur dan memesan barang tersebut. 

Intinya kita harus berhati-hati dalam pembelian barang lewat dunia maya,jika perlu kita harus menanyakan secara rinci tentang barang dan orang yang menawarkannya serta meliat testimonial di situs tersebut.

0 comments :

Posting Komentar